Menghafal Al Quran Dengan Metode Hanifida


cerdas (inibukuanak.files.wordpress.com)Ketika saya bersilaturrahim ke tetangga. Saya mendengar kakak saya (saat di pesantren dulu, meski saya hanya beberapa hari di pesantren) bercakap – cakap dengan teman saya. Mungkin saya hanya bisa terbengong sambil ndomblong ketika mendengar percakapan tingkat tinggi mereka. Dalam perjalanan pembicaraan saya hanya bisa menebak maksud dari apa yang mereka ucapkan. Namun, tiba – tiba dalam tengah pembicaraan ada sebuah kata yang menampar telinga saya. ‘cprak..k..k…!’ sebuah kata jika ditulis dan dibaca akan berbunyi ‘HANIFIDA’.

‘HANIFIDA?’ apaan tuh…! Makanan kah, atau nama orang kah? Kemudian karena penasaran dan usut punya usut, kalo usul jangan asal kalo asal jangan usul, akhirnya ketemu juga apa yang ingin saya ketahui. Hem…m..m… ’HANIFIDA’ ternyata sebuah metode cepat untuk menghafal Al Quran (kata kakak saya).

Karena rasa penasaran, saya mencoba browsing di internet untuk lebih tau apa itu yang dimaksud dengan ’HANIFIDA’. Dan, pengetian sebenarnya tentang HANIFIDA adalah metode hafalan dengan sistem asosiasi, dimana objek yang dihafal dihubungkan dengan kalimat/kata yang mudah mudah untuk dihafal dan diasosiasikan. Nama Hanifida sendiri berasal dari nama pembuat sistem hafalan tersebut, yaitu ustadz Hanif dan istrinya, ustadzah Ida dari Jombang. Metode ini sudah dipatenkan pada tahun 2006.

Adapun contoh metode ’HANIFIDA’ yang sempat saya baca adalah …

Bis kota itu mengangkut bintang-bintang selebritis. Ada nona cantik, ada Bruce Lee, dsb. Makka-nya, hati-hati dalam bersikap dan bertindak.’’

Kata yang dicetak miring dalam kalimat ini menunjukkan: 85 (nomor surat, dari B[ayi]-S[anca] = 8-5), Bintang-Bintang (arti nama surat), Al Buruuj (nama surat), Makkiyah (jenis surat), dan inti isi surat.

Perihal bhubhu
...sedang berlari mengejar bus...

One Response to Menghafal Al Quran Dengan Metode Hanifida

  1. melia iriawati says:

    assalamualaikun..saya sangat tertarik tentang metode hafalan quran ini untuk putra saya yg akan masuk sd.Dimana saya bisa mendapatkan info tentang pembelajaran sistem ini,misal pondok pesantren atau tempat pembelajarannya??

Tinggalkan Balasan

