Hebatnya kata – kata


Kata – kata punya daya dobrak yang sedemikian hebat, membuat orang bergembira, namun bisa juga membuat duka. Perkataan bisa membuat suasana sejuk menyenangkan, namun bisa pula menjadikan suasana menjadi panas dan menegangkan. Hati bisa menjadi berbunga bila mendengar kata – kata yang indah, namun hati juga bisa menjadi sakit seperti tertusuk sembilu bila mendengar kata – kata buruk. Sakit sekali. Kata – kata ini bisa berupa ucapan yang terlontar dari mulut secara langsung, bisa pula berwujud tulisan. Tulisan hampir sama pengaruhnya dengan ucapan secara langsung. Bahkan terkadang, pengaruh perkataan berupa tulisan ini lebih dahsyat dibanding dengan ucapan lisan. Ia pun bisa membangkitkan rasa suka mau pun benci. Perdamaian atau pun permusuhan.
“Penulis itu seolah memukulkan pedang tulisannya abadi sepanjang zaman.”

Karenanya tak jarang kamu mendapatkan seseorang menangis tersedu karena membaca sebuah kisah yang menyentuh hati. Namun disaat yang lain ia pun bisa tersenyum bahkan pun tertawa. Pengaruh tulisan sungguh luar biasa. Orang – orang beriman bisa menangis tersedu saat membaca ayat Al Quran yang berkisah tentang siksa dan kondisi api neraka. Mereka pun bisa menangis rindu karena berita gembira tentang surga dan pertemuan dengan Rabbnya. Alloh menyebutkan tentang mereka dalam surat Maryam ayat :58
“Mereka itu adalah orang – orang yang telah diberi nikmat oleh Alloh, yaitu para Nabi dan keturunan Adam, dan orang – orang yang kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang – orang yang telah kami beri petunjuk dan telah kami pilih. Apabila dibacakan ayat – ayat Alloh Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.

Saat firman Alloh yang tertulis dalam mushaf dibacakan, mereka pun bersujud dan menangis.

Iklan

Perihal bhubhu
...sedang berlari mengejar bus...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: